EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Mahasiswa Universitas Nias Beraksi: Bergotong Royong dengan Masyarakat Menjaga Kebersihan Pesisir Pantai

28 Juni 2023

Tanggal 28 Juni 2023 - Universitas Nias. Dalam upaya untuk menjaga kebersihan pesisir pantai yang memukau di pulau Nias, mahasiswa Universitas Nias telah beraksi dengan bergotong royong bersama masyarakat setempat. Ini adalah sebuah inisiatif lingkungan yang bertujuan untuk membersihkan pantai dari sampah dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan alam.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Universitas Nias dan syarakat setempat. Dengan semangat yang tinggi, mahasiswa Universitas Nias melibatkan diri secara aktif dalam upaya ini, menunjukkan komitmen terhadap lingkungan dan keberlanjutan. Mahasiswa menyadari bahwa kebersihan pesisir pantai tidak hanya berdampak pada ekosistem laut, tetapi juga pada kehidupan masyarakat sekitar.

Puluhan mahasiswa berkumpul di pantai Bozihona Kabupaten Nias dengan sarung tangan, kantong sampah, dan peralatan pembersih lainnya. Mereka dengan antusias membaur dengan masyarakat setempat yang juga hadir dengan semangat yang sama. Di bawah koordinasi mahasiswa yang lebih berpengalaman, mereka membentuk tim kecil untuk membersihkan area pantai yang luas.

Selama beberapa jam, mahasiswa bergotong royong membersihkan pantai dari berbagai jenis sampah seperti botol plastik, kemasan makanan, tali pancing, dan sisa-sisa bahan bangunan. Selain itu, mereka juga mendidik masyarakat sekitar mengenai bahaya sampah plastik dan cara mengurangi penggunaannya. Mahasiswa memberikan penjelasan mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya serta mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari perubahan positif dalam menjaga kebersihan pantai.

Rektor Universitas Nias (Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si) mengatakan kegiatan ini adalah salah bentuk pengadian kepada masyarakat Universitas Nias dengan tujuan mengedukasikan kepada masyarakat arti pentingnya kebersihan lingkungan pantai dan mewujudakn wisata bahari dikepulauan Nias.

Rektor Universitas Nias (Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si) “berharap kepada mahasiswa/i setelah selesai kegiatan ini, ada sesuatu hal yang didapat dan membuat hasil kegiatan ini dalam sebuat artikel ilmiah”

Sebagai informasi yang melaksanakan kegiatan ini adalah mahasiswa program Studi Agroteknologi dan Sumber Daya Akuatik Universitas Nias, dan turut hadir Rektor Universitas Nias, Wakil Rektor, Ka. Lembaga, Ka. Biro, Dekan Fakultas, ketua Program Studi, Dosen dan hadir juga Pemerintahan Daerah Kabupaten Nias Bupati Nias (Ya’atulo Gulo) dan tokoh masyarakat Nias.