EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Keren, Kartu Tanda Mahasiswa UNIAS Kini Multifungsi, Bisa Jadi ATM

27 Juni 2023

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) baru Universitas Nias (UNIAS) kini multifungsi. KTM ini bukan hanya sebagai kartu identitas bagi mahasiswa, melainkan dapat difungsikan sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine (ATM) BNI dan dapat menggunakannya pada transaksi keuangan digital lainnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIAS, Adieli Laoli, pada penyerahan KTM secara simbolis, bertempat di kantor Rektorat UNIAS, Jalan Pancasila Nomor 10, Gunungsitoli, Senin (26/6/2023) pagi, mengatakan jika KTM baru ini merupakan hasil kerja sama UNIAS dengan BNI 46 Cabang Gunungsitoli dan sebagai bentuk kemitraan yang telah terjalin. 

Adieli Laoli berharap melalui kemitraan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

“Program ini sebuah terobosan yang sangat baik dan memiliki fungsi yang sangat vital, kita mengucapkan terimakasih kepada BNI 46 Cabang Gunungsitoli atas program combo card yang multifungsi ini,” ucapnya.

Menurutnya, dengan KTM itu, mahasiswa kita tidak hanya sekedar memiliki KTM, tetapi juga sekaligus memiliki kartu ATM dan dapat menggunakannya pada transaksi keuangan digital lainnya. 

“Mau belanja go food atau memesan taxi online pun bisa dilakukan dengan kartu ini”,

“Jadi, tidak salah kalau para mahasiswa kita juga menyampaikan dan mempromosikan hal ini ke tengah masyarakat, agar hal-hal seperti ini dapat tersosialisasikan dengan baik,” ajaknya.

Sementara, Kepala Cabang BNI 46 Gunungsitoli, Rudi Darsono, mengatakan bahwa kerjasama ini sebagai bentuk keseriusan pihaknya membangun kemitraan dengan UNIAS. 

Menurutnya, Rektor UNIAS dan Yayasan sangat responsif menanggapi kerjasama tersebut untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita menjadikan kampus UNIAS sebagai center of excellent dimasa yang akan datang.

“Program ini menjadi pilot project yang perdana dilaksanakan di kepulauan nias ini, secara berturut-turut hingga bulan Juli ini semua mahasiswa akan memilikinya dan proses aktivasi juga sudah bisa dilayani setiap hari sejak saat ini,” katanya.

Rudi memberikan apresiasi atas terobosan yang telah dilakukan. Selain itu, ia berharap kepada UNIAS maupun pihak-pihak lain dapat mengedepankan kemajuan dalam hal teknologi dan digitalisasi. 

Ia menilai literasi keuangan di Gunungsitoli masih belum cukup tinggi dibanding dengan kota-kota lain.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan di Kota Gunungsitoli,” pungkasnya.

Selanjutnya, salah seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Adiliana Zebua mengatakan bahwa program combo card BNI sangat luar biasa. 

“Sungguh luar biasa, apalagi program ini masih perdana di pulau nias sehingga sepatutnya kita mempromosikannya kepada masyarakat bahwa saat ini perubahan transaksi keuangan secara manual telah digantikan oleh transaksi digital dan kita tidak bisa menghindarinya,” ujarnya.

Adiliana Zebua memberikan apresiasi atas terobosan kampus UNIAS dengan melakukan kerjasama pada pihak BNI dalam memaksimalkan pelayanan kepada mahasiswa.

“Kami juga berharap seterusnya kemudahan-kemudahan pelayanan lain bisa lebih ditingkatkan pihak UNIAS sehingga lebih mempermudah mahasiswa dalam pengurusan administrasi dan kelengkapan-kelengkapan akademik lainnya,” tambahnya.

Sekedar informasi, penyerahan KTM secara simbolis ini dihadiri oleh pimpinan Bank BNI 46 Cabang Gunungsitoli, Wakil Rektor I, II dan III, Ka. LPPM, Ka. LPM, Ka. BAA, Ka, BAU, Ka, Bakakhun, Dekan FKIP, Dekan FE, Dekan FST, para wakil dekan dan Ketua Program Studi serta beberapa perwakilan mahasiswa.