EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

UNIVERSITAS NIAS MENGGELAR UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS 2023

03 Mei 2023

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Universitas Nias Tahun 2023 dengan Tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar" dilaksanakan di Halaman Kampus FKIP Universitas Nias 02 Mei 2023, dihadiri oleh seluruh pejabat struktural lingkup Universitas Nias, Dosen, Pegawai/staf dan seluruh mahasiswa/i Universitas Nias.

Pengibaran Bendera Merah Putih dan rangkaian upacara lainnya yang dilaksanakan para mahasiswa Universitas Nias sebagai petugas upacara, berlangsung sukses dan khidmad, tanpa kendala berarti.

Pengibadan Bendera Merah Putih Oleh Petugas (Mahasiswa/I) Universitas Nias

Pada amanat Pembina Upacara, Rektor Universitas Nias (Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si) membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonsia, Nadiem Anwar Makarim. Sambutan Mendikbudristek tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar. Hal ini selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Kemdikbudristek telah mengumumkan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Pembacaan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonsia oleh Rektor Universitas Nias (Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si)

Dalam pidato yang dibacakan Rektor Universitas Nias, Mendikbudristek RI menjelaskan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Dalam Naskah Pidato Menteri yang dibacakan Rektor Universitas Nias mengatakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Sebelum mengakhiri pembacaan naskah pidato amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Eliyunus Waruwu mengajak kepada semua sivitas akademika Universitas Nias untuk menyemarakan Hari Pendidikan Nasional ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. “Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023” tutup Eliyunus Waruwu dalam Amantanya.

Peserta Upcara dan Paduan Suara Universitas Nias

Setelah selesai Upacara dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan Tari Kreasi yang diikuti oleh Mahasiswa/I Universitas Nias yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa.