EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Universitas Nias Berbenah Jadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Kepulauan Nias

23 April 2022
Ketua Yaperti Unias, Marinus Gea, SE.,M.Ak, melakukan inspeksi didampingi Pj. Rektor Unias, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si.

Universitas Nias (UNIAS) terus melakukan pembenahan, perbaikan dan penyempurnaan untuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi terdepan di Kepulauan Nias hadir dengan perubahan sebagai center of excellence

"Tadi secara khusus saya melihat fasilitas kampus dan juga wawancara kepada beberapa mahasiswa ternyata ada perbedaan sekarang dengan yang dulu," kata Ketua Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Universitas Nias, Marinus Gea, SE.,M.Ak, usai melakukan inspeksi di FKIP milik Universitas Nias, Jum'at (22/4/2022) sore.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Universitas Nias, Marinus Gea, SE.,M.Ak, mengatakan, saat ini sarana prasarana sudah mulai diperbaiki seperti ruang perkuliahan harus memberi kenyamanan kepada Mahasiswa dan juga termasuk ruang para Dosen.

"Semua kita benahi, mulai dari ruang perkuliahan, ruang para dosen, perpustakaan yang harus disesuaikan dengan sistem pengajaran dan materi-materi perkuliahan," katanya.

Beliau mengaku senang dengan adanya perubahan yang signifikan ini di Universitas Nias termasuk dengan inovasi para dosen yang mampu meningkatkan minat mahasiswanya untuk membaca lebih banyak.

"Inilah inovasi-inovasi yang terus kita lakukan supaya Universitas Nias (UNIAS) ini benar-benar menjadi sebuah Universitas yang didambakan oleh anak-anak kita dan juga unggulan kita di Pulau Nias ini," ujar Anggota DPR RI ini. 

"Kita sudah melakukan rapat persiapan, merancang supaya ada mahasiswa yang kita unggulkan ke depan, sehingga dapat mencetak sumber daya yang dibutuhkan oleh Kepulauan Nias," katanya.

Dalam kesempatan itu, Marinus memberitahukan jika Universitas Nias (UNIAS) akan membuka pendaftaran untuk Fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi. 

Menurutnya, bahwa secara umum Kepulauan Nias masih tetap hidup di dunia Pertanian dan Perikanan yang memang sumber dayanya juga sudah cukup untuk itu. Menyikapi hal itu, pihaknya sudah menyiapkan Beasiswa terhadap anak-anak yang unggul di sekolahnya masing-masing. 

"Kita kumpulkan untuk kita latih sehingga mereka siap menjadi sumber daya yang unggul dan fokus pada konsentrasi pembelajarannya masing-masing," ujarnya.

Marinus memberitahukan, ada dua yang sudah diprogramkan yaitu sumber daya Akuatik dan Agroteknologi.

"Dan semoga harapan ini dapat terwujud dengan baik, ke depan kita berharap, di Universitas Nias dapat menghasilkan Alumni yang tidak hanya lulus menjadi Alumni UNIAS, tetapi setidaknya ada peningkatan kualitas mereka dibanding dengan lainnya di Kepulauan Nias ini," harapnya.

Selain itu, lanjut Marinus, untuk tenaga pendidik juga harus diberi ruang dalam mengikuti pelatihan Workshop tiap tahun dan kalau perlu dilakukan per semester sehingga dapat melahirkan para dosen yang profesional.

Dari pantauan, Ketua Yaperti Universitas Nias, Marinus Gea,SE.,M.Ak, melakukan inspeksi bersama Ketua Pembina Yaperti Universitas Nias, Yaatulo Gulo, didampingi Pj. Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si. dan Anggota DPRD Sumut, Penyabar Nakhe. Tampak dalam inspeksi itu, Ketua Yayasan bersama pembina melakukan interaksi dan diskusi dengan beberapa mahasiswa untuk menggali informasi lebih lanjut dalam melakukan pembenahan.

[CKZ]

Sumber : https://nias.wahananews.co/serba-serbi/tampil-beda-universitas-nias-berbenah-jadi-perguruan-tinggi-yang-unggul-di-kepulauan-nias-3QV3p8zBpH/0#post_wahana