EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

UNIAS-LP USU Jalin Kerjasama bidang Penelitian dan Publikasi Bersama

29 September 2022

UNIAS-LP USU Jalin Kerjasama Penelitian dan Publikasi Bersama


UNIAS | Universitas Nias (UNIAS) jalin kerjasama dengan Lembaga Penelitian (LP) Universitas Sumatera Utara (USU) dalam penelitian kemitraan, pertukaran sumber daya peneliti dan publikasi bersama.

Kerjasama antara UNIAS dengan LP USU ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang ditanda tangani oleh Pj. Rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si., selaku pihak pertama dan Ketua LP USU, Prof. Dr, Robert Sibarani, MS., selaku pihak kedua, di Jalan Perpustakaan, Nomor 3A Padang Bulan, Kampus USU, Medan, Sumatera Utara, Rabu (28/9)

"Ini merupakan suatu ikatan kerjasama antara UNIAS dengan USU untuk melakukan penelitian kemitraan, pertukaran sumber daya peneliti dan publikasi bersama," terang Pj. Rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si., Rabu (28/9).

adapun yang menjadi ruang lingkup dari kerjasama ini antara lain penelitian kemitraan adalah penelitian yang dibiayai oleh UNIAS atau USU di mana salah satunya bisa menjadi host dan mitra yang melibatkan setidaknya satu orang ketua, dua orang anggota dan dua orang anggota dari universitas sebagai mitra. Host adalah Universitas yang pada tahun berjalan menyiapkan dana untuk penelitian kemitraan di mana seluruh biaya dan pertanggungjawaban berada pada universitas terkait.

Selanjutnya, untuk kemitraan yakni model penelitian yang melibatkan dosen di satu perguruan tinggi dengan dosen perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Kemudian adanya publikasi bereputasi yaitu publikasi hasil penelitian di satu publikasi yang terindeks oleh Scopus dan WoS. Untuk biaya penelitian dan in kind disiapkan oleh perguruan tinggi sebagai mitra yang bentuknya tidak harus uang tapi dalam bentuk sumber daya penelitian.

Kegiatan Ini merupakan bagian dalam mewujudkan  Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujarnya dilansir dari Nias.WahanaNews.co.

Pj. Rektor Unias berharap, dengan adanya kerjasama ini dapat membangun dan memperluas jejaring kerjasama riset antara UNIAS dengan Lembaga Penelitian USU.

"Semoga ini memperkuat wawasan keilmuan yang bersifat multi atau inter atau lintas disiplin para dosen dan peneliti",

"Dan juga bisa menjadi embrio kerjasama riset yang lebih luas dengan institusi negara lain secara seimbang, setara dan kontributif untuk masyarakat Indonesia," harapnya.