WEBMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Bawaslu Sumatera Utara Gandeng Mahasiswa UNIAS dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif

28 September 2022

Bawaslu Sumut melakukan Sosialisasi Pegawasan Pemilu Partisipatif di Lingkungan Akademik di UNIAS. (Foto/Ist)

UNIAS | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pemilu partisipatif di Lingkungan Akademik di Universitas Nias (UNIAS), bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi, di Jalan Karet, No. 30, Pasar Gunungsitoli, Gunungsitoli, Sabtu (24/9) siang.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa UNIAS dari berbagai Fakultas, antara lain FE, FKIP dan FST.

Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, sebagai koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Suhadi Sukendar Situmorang, mengatakan kedatangannya ke Pulau Nias secara khususnya di Gunungsitoli ini adalah mengajak dunia kampus sebagai lembaga yang mencetak kader-kader intelektual menjadi bagian dari lembaga pengawas pemilu yang disebut dengan Pengawas partisipatif.

Menurutnya, lingkungan kampus yang akan mencetak kaum intelektual dipandang sangat strategis oleh Bawaslu untuk diikutsertakan melakukan fungsi pengawasan partisipatif.

"Kami mengajak dunia pendidikan tinggi untuk bersama-sama dengan Bawaslu. Ayo, mari kita lakukan pengawasan, ini tugas dan tanggungjawab kita bersama, tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab Bawaslu, sebab Bawaslu itu tidak bisa melihat apa yang terjadi dibalik gunung," ujarnya usai kegiatan sosialisasi melansir Nias.WahanaNews.co 

"Mahasiswa harus menjadi bagian yang strategis untuk melakukan pengawasan pemilu, pengawasan tahapan pemilu yang profesional yang berintergritas, dan pada akhirnya proses ini harus melahirkan pemimpin-pemimpin yang betul-betul amanah," ujarnya.

Suhadi mengharapkan dengan adanya pengawas pemilu yang parsitipatif ini, ke depannya pemilu berintegritas, berkualitas, penyelenggaranya juga profesional.

"Kita harapkan semakin sedikit pelanggaran-pelanggaran pemilu baik administrasi mau pun pidana, itu target kita ke depan dan partisipasi masyarakat semakin meningkat",

"Ini menunjukan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi untuk menggunakan hak pilihnya dan peran serta kita semuanya ke depannya," ujarnya.

Diberitahukannya, kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh pihaknya dari 8 titik yang telah direncanakan di Sumatera Utara.

"Ini yang pertama dari delapan titik, dan setelah ini nanti kami ke Padang Sidempuan, Sibolga, kemudian Siantar, Simalungun, Labuhan Batu Raya, Langkat dan lain sebagainya," sebutnya.

Ditempat yang sama, Pj. Rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si., menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Utara. 
Ia menyampaikan bahwa UNIAS bagian dari kaum intelektual secara akademik siap memantau dan mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 nanti.

"Semoga pemilu serentak 2024 ini nanti terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama dan menjadi pemilu yang jujur dan adil," ucap Eliyunus Waruwu.

Ia berharap agar Bawaslu selalu selalu menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi seperti UNIAS.

"Bila perlu dibuat MoU-nya, sehingga mahasiswa juga dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta dapat mengabdikannya kepada bangsa dan negara kita ini," harapnya.

Diberitahukannya, bahwa sebelumnya pada bulan Agustus 2022, UNIAS dan Bawaslu Kabupaten Nias sudah ada kerjasama.

"Kita sudah ada MoU juga, khususnya kita fokus tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan tentunya pasti akan ada dampaknya kepada masyarkat kita",

"Karena secara akademik kita juga dangat mendukung langkah yang telah dilakukan oleh Bawaslu ini," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya MoU sejalan dengan adanya kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Nantinya mahasiswa kita bisa ambil bagian agar bisa melakukan kegiataan MBKM di Bawaslu Kab/Kota maupun di Bawaslu Propinsi",

"Nantinya kesempatan ini terbuka bagi kita dengan payung  MoU tentunya," pungkasnya.

Dari pantauan, kegiatan sosialisasi tersebut dimulai pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 13,00 Wib, hadir sebagai salah satu Nara Sumber, Mantan Anggota KPU Kota Gunungsitoli, Hamdan Telaumbanua.

Turut hadir Pj. Rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si.,, Wakil Rektor UNIAS, Adrianus Zega, Perwakilan Gereja Katolik, Pastor Posma Manalu, Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli, Endra Amri Polem dan Anggota, Nur Alias Lase, Goozisokhi Zega.