EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Universitas Nias Sukses Laksanakan Seminar Nasional Dengan Tema Peran Perguruan Tinggi Menciptakan SDM Yang Unggul di Era Industri Revolusi 4.0 & Society 5.0

15 Juni 2022

Sejak resmi berdiri  Universitas Nias pada tanggal 28 Januari 2022,  berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pimpinan perguruan tinggi yang ada di Universitas Nias mulai dari sumber daya Pendidik, Kependidikan maupun sarana dan prasarana. Keinginan menjadikan kampus UNIAS Center of Excellent telah membuat pimpinan perguruan tinggi terus berpacu melawan waktu dan menembus batas. Seperti seminar nasional yang baru saja terlaksana hari Selasa, 14 Juni 2022 dengan tema “Peran Perguruan Tinggi Menciptakan SDM Yang Unggul di Era Industri Revolusi  4.0 & Society 5.0” kegiatan ini bertempat di Aula Fakultas Ekonomi. Jalan Karet no. 30 Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. 

Sesuai dengan laporan ketua panitia seminar, Natalia Kristiani Lase, M.Pd. “bahwa latarbelakang dilaksanakannya seminar ini, dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi pada Universitas Nias. Perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Nias memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas harus di dukung dengan kualitas pendidikan sehingga sumber daya manusia yang di hasilkan  mampu bersaing dan berkompetisi secara global”. Paparnya 

Pj. Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si  dalam welcoming speech sekaligus pembukaan seminar manyampaikan, ” dengan kerendahan hati marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas berkat dan ridhonya, pada hari ini kita bisa melaksanakan sebuah kegiatan seminar nasional yang mungkin sejarah bagi kita setelah pengabungan dua institusi menjadi sebuah Universitas Nias sebagaimana kita ketahui bersama”.Tuturnya.

Peresmian Universitas Nias ini dilaksanakan pada bulan januari yang lalu tepatnya pada tanggal 28 januari 2022. Kalau kita menghitung dengan waktu yang telah kita lalui, belum sampai pada enam bulan atau satu semester. Tetapi, saya punya keyakinan yang cukup besar sebagai pimpinan sementara di Universitas Nias ini. Dengan kerjasama bapak ibu dosen dan seluruh sivitas akademika, saya punya keyakinan ke depan apa yang kita cita-citakan bersama menjadi center of excellent itu dapat kita capai serta dapat kita raih dalam rangka membangun sumberdaya manusia yang unggul dimasa yang akan datang”. Harap Pj.Rektor.

“ Tentu pada kesempatan ini bapak ibu kami menitip pesan kepada kita semua seluruh rangkaian kegiatan yang kita ikuti pada hari ini, dalam rangka pelaksanaan seminar nasional dengan tema menciptakan sumberdaya manusia yang unggul tentu didalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 dan sosiety 5.0 ini adalah bukan hal yang mudah bapak ibu. terutama kita di kepulauan nias yang berada di daerah 3 T kita cukup jauh tertinggal dengan daerah –daerah lain perguruan – perguruan tinggi yang lain mungkin ada sepuluh langkah didepan kita lebih maju dari kita, tentu pada kesempatan ini kami bangun optimisme kita bersama dengan kerja keras, kemauan keras, semangat yang keras saya punya keyakinan kepada kita semua. ”Tuturnya penuh semangat“.

Kedepan Universitas Nias bisa setara dengan universitas yang ada di daratan sumatera, tentu ini bukan harapan yang hanya kita bangun sebagai slogan semata yang kita sebut sebagai center of excellent, tanpa kita mengenal apa titik kelemahan kita, tanpa kita mengenal apa yang menjadi titik kekurangan kita, tentu kita tidak tahu darimana kita harus mengawali untuk memperbaiki diri dan membangun melangkah bersama. Hari ini kita mulai memikirkan kearah mana tujuan yang harus kita kejar, tentu pada kesempatan ini yang paling penting ada tiga hal dalam membangun sumber daya manusia banyak ahli yang telah menyebut bahwa sumber daya manusia tu bisa unggul apabila kita memenuhi beberapa kriteria. ada 10 yang menjadi kriteia utama didalam membangun sumberdaya manusia tentu hal ini kami yakin kepada narasumber kita bisa mengungkap secara detail dengan jelas kepada kita untuk pembagunan universitas nias ini terutama peran kita sebagai perguruan tinggi yang dapat memproduksi dan menciptakan generasi –generasi yang unggulyang menjadi pimpinan dimasa yang akan datang kita harus menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap kita semua”.Jelasnya.

“Marilah kita mengali potensi dan cita –cita kita tidak hanya belajar di dalam kelas, di laboratorium, tetapi mempraktekkannya di dunia usaha. Tentunya dalam dunia usaha dan industri    satu  perguruan tinggi harus mampu menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan market dengan apa yang kita kerjakan dan lakukan di perguruan tinggi. Kita berharap bahwa para alumni –alumni kita menjawab semua kebutuhan dunia usaha dan industry”.Ujarnya mengakhiri
Adapun narasumber dalam seminar nasional tersebut Marinus Gea, S.E.,M.Ak Anggota DPR RI Komisi X dengan topik Peran G-20 dalam mendukung pemulihan sektor pendidikan pasca pandemic covid-19, Dr.(cand) Herbert Wau, SKM.,M.PH.,CHCSA, Kepala Lembaga Pemngembangan Inovasi Unpri Indonesia dengan topic inovasi perguruan tinggi dalam memperispkan SDM di era society 5.0. Dr.Yuniarto, M.Pd direktur growt center, LLDIKTi Wilayah 1 Sumatera Utara dengan topic strategi pengembangan sumber daya manusia pendidikan tinggi melalui competitive fund kampus merdeka, Ya’atulo Gulo, S.H.,S.E.,M.Si, Bupati Kabupaten Nias Bapak dengan topik kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan tinggi menghadapi era revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Prof, Agus Pramusinto, MDA, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara dengan topic peran perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas SDM mengahadapi era revolusi 4.0 dan society 5.0.

Hadir dalam seminar tersebut, Dewan Pembina Yaperti Nias, Kepala Dinas, Kepala BNI, Kepala KP2KP, Ketua STAI Nias. Sr. Lucia Tumanggor, OSF Kepala Asrama Putri St. Agnes Laverna, Wakil Rektor I,II,III, Dekan Fakultas di Lingkup Universitas Nias, Seluruh Pejabat di Universitas Nias, Seluruh Bapak Ibu Dosen, Mahasiwa UNIAS dan undangan lainnya. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara live streaming melalui aplikasi Zoom. 

(Trisman Harefa, S.S.,M.Pd)