EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Universitas Nias Laksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan disemarakkan dengan Penyerahan UNIAS Awards dan Pelaksanaan Got Talent antar Program Studi

05 Mei 2024

Universitas Nias.ac.id-Gunungsitoli: Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 Lingkup Universitas Nias terlaksana dengan penuh hikmat. Bertempat di lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan tema ”Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”. Bertindak sebagai Pembina Upacara  Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si. Dalam amanat Pembina upacara, pidato Kemendikbudristek dibacakan langsung oleh Rektor Universitas Nias. 

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Got Talent dan penyerahan Awards kepada bapak/ibu Dosen, Pegawai, serta Mahasiswa lingkup Universitas Nias. Sebelum pelaksanaan kegiatan, Rektor Universitas Nias, dalam sambutannya mengatakan  “Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa bahwa pada hari ini di lingkungan Universitas Nias, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dapat terlaksana dengan hikmat. kita juga telah mendengar arahan atau pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset  dan Teknologi bahwa dengan program kegiatan MBKM baik Dosen maupun Mahasiswa diberi kemerdekaan dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan tujuan selain belajar juga mampu beradaptasi di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang nantinya setelah menamatkan studi di lingkungan Universitas Nias mereka sudah mampu berkarya.

Lebih lanjut Rektor Universitas Nias mengatakan bahwa Universitas Nias melaksanakan, mengapresiasi serta mendukung program dari kementerian Pendidikan. Kita juga telah mengambil bagian beberapa tahun terakhir, dalam hal prestasi Mahasiswa yang difasilitasi oleh pemerintah melalui kegiatan Kampus Mengajar terbanyak secara khusus, dan  pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu Dosen dan Mahasiswa yang telah meraih prestasi yang dimaksud  karena telah mengharumkan nama Universitas Nias. Tentu mewakili segenap Civitas Akademika mengucapkan “Selamat atas seluruh prestasi yang telah diraih baik di tingkat wilayah pun nasional dan kami juga berterimakasih kepada teman-teman di Program Studi PGSD yang juga telah meraih beberapa prestasi di tingkat Internasional. Dan kita berharap ke depan bahwa Program Studi yang lain bisa mengutus dan mendampingi Mahasiswa kita untuk meraih prestasi-prestasi yang membanggakan seperti ini. 

Tentu saja apa yang telah diraih ini masih belum sampai pada puncak yang kita harapkan dan capai  sesuai dengan motto kita saat ini “Center of Excellence”. Ini adalah baru titik pijak, awal anak tangga yang kita lalui untuk kita bisa sampai dan meraih puncak pencapaian dengan harapan dan cita-cita kita yang lebih besar. Kita juga terus berharap kepada Bapak/Ibu Dosen untuk terus meng-upgrade, meng-update sumber daya yang kita miliki dengan era 4.0 maupun society 5.0. 

Diakhir sambutannya Rektor menghimbau “Marilah kita terus menigkatkan kualitas diri sehingga mahasiswa kita mampu bersaing dan kita berharap bahwa kedepan mahasiswa kita ini didorong untuk bisa mengikuti berbagai program-program pemerintah khususnya pertukaran  Mahasiswa. Jikalau bisa 

yang punya prestasi bisa ikut kegiatan pertukaran pelajar ke luar Negeri. Pemerintah saat ini telah menyiapkan anggaran dalam  berbagai jenis untuk menampung bakat minat mahasiswa, marilah kita  mendorong Mahasiswa kita untuk terus mencari informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti MBKM dan lain-lain. Kita juga melihat dari dua tahun terakhir Mahasiswa kita terus mengarah kearah yang lebih baik dari aspek kualitas dan ini merupakan bagian yang tidak lepas dari bapak ibu Dosen yang ada di lingkup Universitas Nias yang terus memberi motivasi kepada mahasiswa, ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 di Universitas Nias, Mastawati Ndruru S.Pd., M.Hum, yang juga sebagai Wakil Rektor IV menjelaskan bahwa “Pelaksanaan Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 ini kita isi dengan memberi penghargaan kepada Bapak/ibu Dosen, Pegawai, serta Mahasiswa yang telah meraih berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik.  Penyerahan Awards ini diberikan langsung Rektor Universitas Nias kepada dosen dengan Skor  Sinta Tertinggi 3 years, penulis Jurnal Scopus/WOS, penulis buku ber ISBN, jumlah H-INDEX terbanyak, Prodi yang mahasiswanya ikut kegiatan Kampus Mengajar, Prodi dengan Akreditasi Baik Sekali, Prodi dengan Skor Sinta Tertinggi, Mahasiswa berprestasi, Prodi dengan jumlah Mahasiswa terbanyak Tahun 2023, Mahasiswa dengan IPK Tertinggi, Mahasiswa yang sering berkunjung ke Perpustakaan Universitas Nias, Satpam dengan Pelayanan Terbaik, Pekarya Yang Rajin dan Ramah, Pegawai Paling Ramah, Pegawai Disiplin dan Rajin, Best Performance pakaian tradisional Nusantara, Dosen Terfavorite, Panitia Hardiknas Tahun 2024, TIM Seleksi Ajang Talenta Mahasiswa, Juri Lomba Got Talent. Selain daripada itu, lanjut Ketua panitia mengatakan “Kita juga akan gunakan momen HARDIKNAS kali ini untuk  menggali potensi, minat bakat, karya-karya dan talenta terpendam dari mahasiswa kita melalui ajang Got Talent. Puji Tuhan, dalam memeriahkan HARDIKNAS tahun 2024 ini ada 31 Group talent yang telah ditampilkan yang diikuti oleh seluruh program studi yang ada di lingkungan Universitas Nias, sebanyak 14 program studi. Talenta yang ditampilkan pun bervariasi dan kreatif, ada yang menampilkan seni  tari, music, suara, bahkan teater. Sungguh, ini sangat membanggakan dan saya yakin ini akan menjadi pijakan awal motivasi mereka dalam berkreativitas dan berprestasi di waktu yang akan datang, ujar Mastawati Ndruru, S.Pd., M.Hum. . 

Hadir dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ini, Rektor Universitas Nias Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si. Wakil Rektor I, II, III, IV, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP), Dekan Fakultas Ekonomi (FE), Dekan Fakultas Sains dan Teknologi(FST), Wakil Dekan, Kepala Biro, Kepala Lembaga, PJTI, Ketua Program Studi dan Sekretaris Prodi, Bapak/Ibu Dosen, Pegawai lingkup Universitas Nias, BEM, MAPERWA, HMPS dan Seluruh Mahasiswa Universitas Nias. (BIPKHUM Unias)