EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

UNIAS berangkatkan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam kegiatan PKM dan PKL

04 Maret 2024

Gunungsitoli, 4 Maret 2024, saat mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir bersiap-siap untuk memulai perjalanan Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sebagai langkah dalam menyelesaikan program studi mereka, para mahasiswa siap mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama bertahun-tahun di kampus.

Pemberangkatan tersebut diawali dengan acara seremonial yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akaemik, Pimpinan Fakultas, dosen, staf administrasi, dan mahasiswa. Dekan Fakultas Ekonomi memberikan sambutan memotivasi, menekankan pentingnya pengalaman lapangan dalam membentuk profesionalisme dan kemampuan adaptasi mahasiswa di dunia kerja yang riil.

Setelah sambutan Dekan Fakultas Ekonomi, Wakil Rektor Bidang Akademik (Adieli Laoli, S.Pd.,M.Pd) memberikan bimbingan dan arahan sekaligus memberangkatkan secara resmi mahasiswa peserta Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

”diharapkan selama proses pelaksanaan PKM dan PKL mahasiswa mampu memberikan ide, gagasan dilokasi PKM/PKL sesuai dengan kebutuhan lokasi”

Selain itu Wakil Rektor Bidang Akademik menekankan mahasiswa peserta PKM/PKL  menjadi duta Universitas Nias dalam menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat dan menjaga nama baik Universitas Nias  serta memiliki karakter yang baik selama proses pelaksanaan kegiatan PKM/PKL. 

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Akademik memberangkatkan secara resmi mahasiswa peserta PKM/PKL Fakultas Ekonomi TA 2023/2024.

Para mahasiswa menyebar ke berbagai lokasi, mulai dari instansi pemerintahan, BUMN/BUMD dan perusahaan atau lembaga mitra. Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) mengarahkan mereka untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek yang berdampak nyata pada dunia bisnis dan ekonomi. Sementara itu, Praktek Kerja Lapangan (PKL) membawa mereka ke lapangan untuk menghadapi tantangan nyata di dunia industri.

Sebagai informasi peserta Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi berjumlah 281 orang yang tersebar di 65 Lokasi, dan peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Akuntansi berjumlah 17 orang yang tersebar di 17 Lokasi.