EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

UNIAS Raih Peringkat 4 Perguruan Tinggi Swasta dengan SPMI Terbaik se-Sumut

16 Januari 2024

Meskipun baru dua tahun beroperasi sejak diresmikan pada 28 Januari 2022 lalu, Universitas Nias (UNIAS) berhasil meraih peringkat terbaik 4 dari 203 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Wilayah I Sumatera Utara pada Pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Anugerah Pelaporan SMPI tahun 2023 ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilyah I Sumut, Prof, Drs. Saiful Anwar Matondang, MA., PHD yang diterima Pj. rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si, bertempat di hotel JW Marriott, Medan, Sumatera Utara, Senin (15/1/2024) siang.

Atas pencapaian itu, Eliyunus Waruwu, merasa sangat bersyukur dan terhormat menerima penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini bukan hanya sebuah simbol pengakuan, tetapi juga sebagai bukti nyata dari komitmen kami dalam meningkatkan sistem dan mutu pendidikan di Universitas Nias," kata Eliyunus Waruwu

Dia mengatakan sangat menghargai dukungan dan bimbingan dari Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut yang telah menjadi pemandu arah dalam upaya untuk terus berinovasi dan memperbaiki penyelenggaraan pendidikan tinggi.

"Pencapaian ini adalah buah dari kerja keras dan dedikasi seluruh civitas akademika UNIAS," ujarnya.

Dengan adanya 203 perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKTI Wilayah I Sumut, termasuk 48 universitas, Eliyunus Waruwu berharap UNIAS dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan meski dengan keterbatasan yang ada.

"Kami bertekad untuk mencapai mutu pendidikan yang setara dengan universitas terbaik di wilayah Sumatera Utara. Komitmen kami tidak akan berhenti hanya sampai di sini," katanya.

Ditegaskannya, UNIAS akan terus mengembangkan SPMI yang efektif untuk mencapai standar keunggulan yang lebih tinggi.

Dia pun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan SPMI di Universitas Nias.

"Dedikasi dan kerjasama dari semua pihak adalah pilar utama dari kesuksesan yang telah kami raih," imbuhnya

Dia berkeyakinan UNIAS akan terus berkembang memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia dengan adanya sinergi dan kerja sama yang solid antara civitas akademika, pemerintah, dan masyarakat.

"Mari kita bersama-sama terus berupaya menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas, menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten, yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan kerja sama dan sinergi yang baik, saya yakin kita dapat mencapai tujuan ini," tambahnya.

Untuk diketahui, pelaporan SPMI ini sebagai acuan dalam memberikan penilaian terhadap Perguruan Tinggi yang kredibel dan akuntabel yang mendorong tercapainya fungsi pengendalian penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Hal ini untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu, sekaligus menjamin adanya akuntabilitas publik (public accountability) dan perbaikan mutu berkelanjutan (continuous quality improvement) yang kuat dan seimbang. 

Sebagai informasi, terbaik pertama berhasil diraih Universitas Prima (UNPRI), kemudian terbaik kedua diduduki Universitas Medan Area (UMA), dan terbaik ketiga disematkan kepada Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)