EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

Universitas Nias menerima Kunjungan KPU Kab. Nias

18 Oktober 2023

Universitas Nias, 18 Oktober 2023 - Universitas Nias kedatangan tamu istimewa hari ini, dengan kunjungan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan kerja sama antara universitas dan KPU Kabupaten Nias dalam berbagai program pendidikan dan pelayanan masyarakat.

Kunjungan KPU Kabupaten Nias ke Universitas Nias merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi pemuda dalam proses demokrasi serta meningkatkan pemahaman tentang sistem pemilihan umum di kalangan mahasiswa. Kedua belah pihak telah menunjukkan komitmen mereka untuk bekerja sama dalam berbagai program yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Nias.

Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si, menyambut baik kunjungan dari KPU Kabupaten Nias dan menyatakan bahwa universitas siap untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi edukasi pemilih muda, peningkatan pemahaman demokrasi, serta pelaksanaan pemilihan umum yang berkualitas.

Rektor Universitas Nias juga berharap KPU Kabupaten Nias dapat mendukung program Universitas Nias dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi “saya berharap dengan adanya kerja sama ini nantinya, KPU Kabupaten Nias dapat memberikan kami ruang untuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi seperti penelitian Mahasiswa, Dosen dan juga Pengabdian Kepada Masyarakat”

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Nias, Bapak Elisati Nazara, ST.,MM, menyampaikan harapannya untuk menjalin kemitraan yang erat dengan universitas. "Kami berterima kasih kepada Universitas Nias atas kesediaannya dan kami percaya bahwa bekerja sama dengan Universitas Nias akan memberikan kontribusi positif bagi pemuda Nias dalam pemahaman mereka tentang proses demokrasi dan peran mereka dalam membangun masyarakat yang lebih baik," kata Elisati Nazara. 

Selanjutnya dalam waktu dekat ini KPU menyelenggarakan Program Nonton Bareng “KEJARLAH JANJI” dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Santri Nasional pada tanggal 28 Oktober 2023, dan berharap kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan Universitas Nias.

Selama kunjungan ini, kedua belah pihak telah membahas berbagai program yang dapat dilakukan bersama, termasuk penyelenggaraan seminar, lokakarya, pelatihan, dan kampanye edukasi pemilih. Kedua pihak juga berencana untuk melibatkan mahasiswa Universitas Nias dalam kegiatan-kegiatan ini, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam mendukung proses demokrasi yang sehat.

Kerja sama antara Universitas Nias dan KPU Kabupaten Nias ini diharapkan dapat menjadi contoh kolaborasi yang sukses antara lembaga pendidikan tinggi dan pemerintah daerah dalam mendukung pemahaman demokrasi dan partisipasi pemuda dalam proses pemilihan umum.