EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

UNIAS bekerja sama dengan KAJARI Gunungsitoli dalam Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi

17 Oktober 2023

Universitas Nias, 17 Oktober 2023 - Universitas Nias dan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU ini diharapkan akan membuka pintu bagi kolaborasi yang lebih erat antara institusi pendidikan dan lembaga penegak hukum di wilayah tersebut.

Penandatanganan MoU ini berlangsung di ruang Rektor  Universitas Nias dan dihadiri oleh sejumlah pejabat utama dari kedua pihak. Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si, Rektor Universitas Nias, dan Bapak Parada Situmorang, SH.,MH, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, adalah pihak yang menandatangani perjanjian tersebut. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nias mengungkapkan pentingnya kerja sama ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Nias dan memberikan edukasi kesadaran Hukum masyarakat khususnya Mahasiswa/I Universitas Nias”.

Dalam lanjutan sambutannya, Rektor Universitas Nias berharap Kejaksaan Negeri Gunungsitoli dapat memberikan ruang kepada mahasiswa dan Dosen untuk melakukan penelitian dan program MBKM seperti Pratek Kerja Mahasiswa (PKM), Magang dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli (Parada Situmorang, SH.,MH) mengatakan “menyambut baik kerja sama ini dan kami siap untuk bekerja sama dengan Universitas Nias” menurut Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli perlu adanya edukasi pendidikan kesadaran Hukum kepada masyarakat di Kepulauan Nias mengingat karena kepulauan Nias masih tinggi angka kriminalitas.

“kita tahu bahwa angka kriminalitas di Pulau Nias, tentu dengan adanya kerja sama ini, kita dapat berkolaborasi untuk memberikan pendidikan tentang pentingnya kesadaran Hukum dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari”.

Setelah sambutan kedua pihak tersebut, dilanjutkan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Nias dengan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli dan penyerahan plakat dari Rektor Universitas Nias kepada Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Sebagai informasi pejabat yang hadir dalam acara tersebut adalah pejabat dari Kejaksaan Negeri Gunungsitoli (Kasi Datun, Kasi Intel dan Pejabat lainnya) dan pejabat struktural Lingkup Universitas Nias (Wakil Rektor II, Ka. BAA, Ka. BAU, Ka. BAKAKHUM, Ka. Perpustakaan, Ka. PJTI,  Dekan FE, Dekan FKIP, Dekan FST)