EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

FST UNIAS LAKSANAKAN KEGIATAN PKKM, UNDANG DANDIM 0213 NIAS DAN DELASARO ADVENTURE SEBAGAI NARASUMBER

31 Agustus 2023

Universitas Nias | (Gunungsitoli) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Nias (UNIAS) laksanakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM) berlokasi di Komplek Laverna Gunungsitoli, Rabu (30/08/2023) dengan mengundang Dandim 0213 Nias serta Delasaro Adventure sebagai Narasumber pada kegiatan sehari dengan peserta seluruh Mahasiswa tiga program studi yang tergabung dalam Fakultas Sains dan Teknoogi Universitas Nias.

Dandim 0213/Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau, memaparkan beberapa hal yang dihadapi oleh bangsa dan menjadi ancaman bagi negara dihadapan para mahasiswa/i saat mensosialisasikan materi wawasan kebangsaan (WKB) dan pembinaan karakter generasi muda.

“Radikalisme, separatisme, pemberontakan bersenjata, perubahan Iklim, apatisme generasi muda, pragmatisme, wabah penyakit, perang cyber, intelijen, peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta pergaulan bebas,“ Terang Letkol Inf Torang Parulian Malau.

Untuk itu, lanjut Torang Parulian Malau berpesan agar ditingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Menguasai IPTEK dan memiliki kesadaran bela negara. 

Dalam paparannya, ia menyampaikan kebangaannya pada kegiatan yang diselenggarakan FST UNIAS. Kepada para mahasiwa/i, ia pun menjelaskan seputar materi wawasan kebangsaan dan karakter.

“Kenali diri sendiri, cari, perbaiki, disiplin dan konsisten serta up grade diri. Gunakan hak belajar untuk menjadi a valuable asset bagi bangsa dan negara. NKRI ke depan ada ditanganmu!” ujarnya.

Selepas sesi diskusi diruangan, para mahasiswa peserta kegiatan ke lapangan oleh beberapa BABINSA dari Kodim 0213 Nias melanjutkan pelatihan dengan pengenalan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dari Sertu F. Zega, Sertu E. Zega dan Kopda Y. Zebua.

Kegiatan berikutnya, DELASARO ADVENTURE yang merupakan sebuah Komunitas Outbound & Wisata Petualang mengajak mahasiswa berproses untuk belajar memahami karakter, membangkitkan Kerjasama, rasa tanggungjawab, kepemimpinan, kekompakan dengan metode bermain games outbound. Yohanes Giawa sebagai Koordinator Delasaro Adventure menyampaikan bahwa metode – metode permainan yang dilaksanakan adalah bentuk simulasi yang bisa membantu kita memahami karakter dan sifat para peserta outbound.

“Akan ketahuan apabila diantara peserta masih memiliki rasa ego yang tinggi, mau menang sendiri, bebal dan apatis, begitu juga dengan tingkat kepedulian untuk bekerjasama, saling melengkapi atau kepekaan diri akan tampak disetiap sesi permainan yang kita suguhkan. Hal inilah yang merupakan tujuan kegiatan, sehingga nanti kita bisa mengetahui apa kelemahan dan ketidaksesuaian selama ini dan pada akhirnya menciptakan sebuah solusi untuk perbaikan kedepannya”, ujarnya menjelaskan.

Sementara itu Plt. Dekan FST UNIAS, Natalia Kristiani Lase dan unsur pimpinan FST mengucapkan terima kasih atas perkenaan waktu Dandim 0213/Nias beserta Tim dari Delasaro Adventure yang telah bersedia menjadi narasumber dan instruktur kegiatan kepada para Mahasiwa/i FST UNIAS. 

“Ternyata pengembangan karakter di mulai dari diri sendiri, dan tentu kami berharap kegiatan hari ini bisa menjadi memotivasi dan penguatan bagi mahasiswa agar semakin terarah, berkepribadian dan meningkatnya karakter maupun wawasan kebangsaanya, yang akan melanjutkan tonggak keberhasilan bangsa dan negara kita ini ke depan,” kata Natalia Kristiani Lase.

Pelatihan ini berakhir di sore hari, sepanjang hujan deras proses kegiatan tetap berlangsung dilapangan hingga semua sesi selesai. turut diikuti oleh jajaran Pimpinan Fakultas, Bapak/Ibu Dosen dan didampingi terus oleh Helmin Zebua sebagai Ketua Panitia Kegiatan. (Tim)