EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

PERINGATAN HUT KEMRI KE-78 TAHUN 2023 UNIVERSITAS NIAS

18 Agustus 2023

Universitas Nias | Puncak perayaan Hut Kemerdekaan RI Ke – 78 Tahun 2023 di Lingkup Universitas Nias dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 08.00 Wib bertempat di Halaman FKIP Universitas Nias, Jalan Yos Sudarso No. 118 Gunungsitoli.

Pada upacara ini, Eliyunus Waruwu, S.Pt.,M.Si (Rektor UNIAS) bertindak sebagai Insperktur Upacara yang dihadiri seluruh jajaran Wakil Rektor, Kepala dan Sekretaris Lembaga, PJTI dan Biro beserta pegawai, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi, pra KTU dan Tenaga Pendidikan, Unsur Dosen, Pengurus BEM dan MAPERWA UNIAS dan Mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Nias menyampaikan beberapa hal substansial untuk pembenahan dan perbaikan internal di lingkungan Universitas Nias dengan menterjemahkan semangat dan nilai – nilai kemerdekaan ini dapat menjadi spirit untuk menerima dan melakukan perubahan sehingga Universitas Nias dapat memberikan dedikasi terbaik melahirkan generasi penerus bangsa yang memiliki kecerdasan, berintegritas, kreatif, memiliki moralitas yang tinggi, berdaya guna, cemerlang, inovatif dan berjiwa nasionalis.

“Di universitas nias, semangat kemerdekaan ini haruslah mewarnai setiap langkah kita dalam menyebarkan ilmu pengetahuan, membangun karakter, dan menginspirasi perubahan. kita adalah bagian dari masyarakat akademik yang memiliki peran penting dalam membentuk generasi penerus bangsa ini. oleh karena itu, mari kita jadikan semangat kemerdekaan sebagai pendorong utama untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini. kami percaya bahwa nilai-nilai kemerdekaan harus ditanamkan dalam pendidikan kita, sebagai fondasi yang kuat bagi pengembangan intelektual dan moral peserta didik kami. namun, dalam perjalanan mencapai tujuan mulia ini, kami sadar bahwa setiap perubahan pasti diiringi dengan tantangan. salah satunya adalah resistensi terhadap perubahan. perubahan adalah bagian alami dari perkembangan. dalam menghadapi perubahan, marilah kita ingat bahwa semangat kemerdekaan yang kita rayakan hari ini juga mencakup semangat untuk berkembang dan beradaptasi. terkadang, perubahan dapat dianggap sebagai ancaman, terutama oleh mereka yang merasa nyaman dengan kondisi yang ada. saya ingin mengajak seluruh dosen dan seluruh civitas akademika yang mungkin merasa kesulitan dalam menerima perubahan untuk mengubah paradigma ini”, terangnya.

“kita tidak boleh menjadi hambatan terhadap perubahan!. sebaliknya, kita harus menjadi pionir perubahan yang memberikan kontribusi berarti bagi kemajuan universitas dan masyarakat. dosen adalah agen perubahan yang kuat dalam dunia pendidikan, dan peran anda sangat vital dalam membentuk mentalitas positif terhadap perubahan di kalangan mahasiswa.

Adanya perubahan tidak selalu berarti mengabaikan nilai-nilai dan tradisi yang sudah ada. sebaliknya, perubahan cerdas adalah yang memungkinkan kita untuk menjaga nilai-nilai positif sambil mengambil langkah maju untuk mengatasi tantangan baru. mari kita jaga semangat kebersamaan, dan mari kita dengarkan dan hargai suara masing-masing dalam upaya kita memajukan institusi ini”, terangnya melanjutkan.

Lebih lanjut, Rektor Universitas Nias menegaskan bahwa masih ada beberapa dosen yang masih berperilaku kurang positif, “Saya juga ingin mengingatkan kita semua, di Universitas Nias masih kita temukan beberapa dosen yang masih memiliki sikap yang kurang mendukung mahasiswa. ada yang mengancam mahasiswa, merendahkan, atau menjadikan mereka sebagai objek bukanlah tindakan yang sesuai dengan semangat pendidikan dan kemerdekaan. mahasiswa adalah mitra dalam proses pembelajaran, mereka memiliki potensi besar yang harus kita dukung dan kembangkan. mari kita berfokus pada memajukan mereka sebagai individu yang berdaya dan berintegritas. Saya mengajak para dosen yang mungkin telah terjebak dalam pola perilaku yang kurang positif untuk mengintrospeksi dan merenungkan kembali tujuan sejati dari pendidikan. jadilah inspirator yang menggerakkan mahasiswa untuk mencapai potensi terbaik mereka. berikan dukungan, bimbingan, dan dorongan positif, sehingga mahasiswa tidak hanya mencari gelar, tetapi juga mengembangkan karakter, kecerdasan, dan dedikasi mereka terhadap bangsa ini”, tegasnya.

Selanjutnya menekankan tiga hal yaitu : pentingnya riset dan inovasi, Pendidikan yang berkesinambungan serta semangat kebersamaan dan kolaborasi yang mana ketiga point diatas harus dilakukan dengan nilai dan semangat kemerdekaan untuk bisa bergerak maju Bersama mewujudkan cita cita luhur Pendidikan  untuk memberikan dampak positif bagi Masyarakat dan bangsa, terlebih Universitas Nias memiliki visi “Center of Excelent”. (Tim)