EMAIL | E-LEARNING | SIMAT | KONTAK

BI GOES TO CAMPUS

01 Agustus 2023

Universitas Nias - UNIAS| Tim Bank Indonesia Perwakilan Sibolga berkunjung dan mengadakan kegiatan Penandatangan Kerjasama dan Sosialisasi Beasiswa Universitas Nias Tahun 2023, Selasa (1/8/23) bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Nias, Jln. Karet No. 30 Gunungsitoli

Kepala Perwakilan BI Sibolga, Yuliansyah Andrias dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Nias menjadi salah satu mitra yang bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam program Beasiswa. “Karena BI selain merupakan bank sentral yang memiliki tugas menjaga kestabilan nilai rupiah, maupun tugas dan fungsi lain yang resmi, diharapkan juga dapat berperan aktif untuk membangun generasi baru Indonesia untuk membangun negeri”, ujarnya.

Adik-adik yang akan mendapatkan beasiswa secara otomatis nanti akan bergabung dalam GenBI (Generasi Baru Indonesia) yang merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari beberapa kumpulan mahasiswa diberbagai universitas pada sebuah wilayah yang terpilih dan menang sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia”, terangnya

Selanjutnya, dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan beberapa edukasi tentang tugas, fungsi dari Bank Indonesia sebagai Bank Sentral, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), program beasiswa Bank Indonesia, keuangan digital, sistem pembayaran dan perlindungan konsumen. Materi – materi ini disampaikan kepada peserta yang terdiri dari unsur dosen dan mahasiswa universitas nias.

Dari tim Bank Indonesia, hadir pada kegiatan Yuliansyah Andrias  (Kepala Perwakilan BI Sibolga), Darmawan (Kepala Unit IKSPPUR), Andi Fauzy Rifandi (Asisten Manager), dan Rani Eranica Sembiring (Staf) beserta adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam GenBI UIN SYAHADA Padang Sidempuan.

Kegiatan lain yang dilaksanakan pada saat sosialisasi yaitu sharing session dari adik-adik GenBI untuk berbagi pengalaman dan informasi kepada mahasiswa Universitas Nias yang menjadi peserta. Pada sesi ini, mereka menyampaikan aktifitas dan program GenBI yang telah mereka ikuti seperti kegiatan Hardskill dan softskill, kegiatan social, leadershipcamp dan juga membangun relasi di seluruh Indonesia. Aktualisasi pendampingan Bank Indonesia terhadap mahasiswa penerima beasiswa terus berkelanjutan melalui setiap aktifitas kegiatan GenBi.

Sebelum menutup acara, Rani sebagai pemandu proses kegiatan melakukan quiz berbasis link Kahoot.it kepada seluruh peserta yang direspon dengan seru berlomba untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Dari quiz tersebut dimenangkan oleh dosen dan mahasiswa yang berhasil mendapatkan nilai lebih tinggi dari peserta lainnya. 

Turut hadir dalam acara ini, Eliyunus Waruwu, Rektor Universitas Nias, unsur Wakil Rektor, Ka. Biro, Dekan dan Ka. Prodi beserta jajaran staf universitas nias.-